Masjid Ahmadiyah di Jerman

Jemaat Ahmadiyah sejauh ini telah mendirikan masjid dan pusat-pusat dakwah Islam di beberapa kota dan wilayah di Jerman:
Di Wilayah Bavaria
  1. Memiliki Pusat Dakwah / Gebetszentrum di kota Augsburg.
  2. Memiliki masjid yang diberi nama Baitul Aleem Mosque di kota Würzburg.
Di kota Berlin
  1. Memiliki masjid yang diberi nama Khadija Mosque yang dibangun dan diresmikan pada tahun 2008 di kota Berlin yang merupakan masjid Islam pertama yang pernah dibangun di kota Berlin.
  2. Khalifah kedua Jemaat Ahmadiyah, Hadhrat Mirza Bashiruddin Mahmood Ahmad menginginkan masjid tersebut dibangun dizaman beliau dan dana untuk proyek pembangunan masjid ini dikumpulkan dan disumbangkan oleh Lajnah Imaillah / Kaum wanita Ahmadiyah di Pakistan dan negara-negara sekitarnya. Namun dikarenakan oleh terjadinya krisis moneter global yang menyebabkan meningkatnya biaya pembangunan maka uang yang telah terkumpul dialihkan ke London dimana Jemaat Ahmadiyah juga membangun masjid Al-Fadhal, yaitu masjid Islam pertama di negara Inggris, atau juga masjid Islam pertama yang dibangun oleh Ahmadiyah diluar Pakistan, India dan Bangladesh, dan merupakan pusat misi dakwah Islam dengan skala besar yang dibangun oleh Ahmadiyah (tahun 1912) diluar anak benua India dan benua Asia.
  3. Pada tahun 2008, Jemaat Ahmadiyah juga menerima sumbangan pengorbanan harta dan keuangan dari Lajna Imaillah atau Kaum Wanita Ahmadiyah di Jerman dan kaum wanita ahmadiyah di negara-negara lainnya. Dana itu kemudian diputuskan oleh Hadhrat Mirza Masroor Ahmad, Khalifah Ahmadiyah yang sekarang, untuk pembangunan masjid di kota Berlin.
  4. Telah terjadi demo penolakan adanya pembangunan masjid ini yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat kota Berlin. Hal itu terjadi karena adanya rasa phobia/ketakutan orang-orang Eropa terhadap Islam, akan tetapi kemudian pembangunan masjid itu dapat dilanjutkan hingga selesai. Bahkan pada saat acara peresmiannya, pejabat-pejabat kota Berlin juga turut hadir memberikan ‘pengesahan’ pembangunan masjid tersebut setelah mendengar penjelasan tentang Islam dari pihak Jemaat Ahmadiyah bahwa Jemaat Ahmadiyah sama sekali tidak memilki hubungan dengan gerakan terorisme atau kegiatan jihad radikal. Bahkan sebaliknya Jemaat Ahmadiyah memiliki motto “Love for All Hatred for None”. Dengan demikian keinginan Hadhrat Mirza Bashiruddin Mahmood Ahmad ra Khalifah Ahmadiyah yang kedua telah menjadi sempurna.
  5. Masjid ini kemudian diberi nama masjid Khadijah, untuk mengenang seluruh pengorbanan dan sumbangan kaum wanita Ahmadiyah di seluruh dunia yang telah ikut serta memberikan sumbangan dana pembangunan masjid ini, disamping nama Khadijah juga adalah nama salah seorang istri Nabi Muhammad Saw.
Di Wilayah Bremen
  1. Memilki sebuah masjid yang diberi nama Nasir Mosque di Bremen.
  2. Memiliki masjid yang diberi nama Baitul Wakeel Mosque di Bremerhaven.
Di Kota Hamburg
  1. Memiliki masjid yang diberi nama Fazle-Omar Mosque di kota Hamburg. Masjid ini merupakan masjid Islam pertama di Jerman dibangun oleh Jemaat Ahmadiyah. Juga merupakan masjid Islam pertama yang dibangun di Jerman sejak Perang Dunia II.
  2. Memiliki masjid lain yang diberi nama Baitur Rashid Mosque di Hamburg.
Di Wilayah Hesse
  1. Memiliki masjid yang diberi nama Nuur-ud-Din Mosque di Darmstadt.
  2. Memiliki masjid yang diberi nama Baitul Qayyum Mosque di Frankfurt am Main.
  3. Memiliki masjid yang diberi nama Baitus Sabuh di Frankfurt am Main.
  4. Memiliki masjid yang diberi nama Noor Mosque di Frankfurt am Main. Masjid ini terkenal di Frankfurt karena mantan Juara Tinju Dunia Kelas Berat dari Amerika Muhammad Ali telah berkunjung dan shalat di masjid ini.
  5. Memiliki masjid yang diberi nama Baitul Shakoor Mosque di Groß-Gerau.
  6. Memiliki masjid yang diberi nama Baitul Zafar Mosque di Immenhausen.
  7. Memiliki masjid yang diberi nama Aziz Mosque di Riedstadt.
  8. Memiliki pusat dakwah Islam / Gebetszentrum di Schlüchtern.
  9. Memiliki masjid yang diberi nama Baitul Huda Mosque yang dibangun tahun 2004 di kota Usingen.
Di Wilayah Lower Saxony
  1. Memiliki pusat dakwah Islam / Gebetszentrum di Hannover.
  2. Memiliki masjid yang diberi nama Basharat Mosque di Osnabrück.
Di Wilayah North Rhine-Westphalia
  1. Memiliki masjid yang diberi nama Baitun Nasr Mosque di Cologne.
  2. Memiliki masjid yang diberi nama Baitul Mu’min Mosque di Münster-Hiltrup.
Di Wilayah Rhineland-Palitanate
  1. Memiliki masjid yang diberi nama Tahir Mosque di kota Koblenz
  2. Memiliki masjid yang diberi nama Hamd Mosque di kota Wittlich
Di Wilayah Schleswig-Holstein
  1. Memiliki masjid yang diberi nama Habib Mosque di kota Kiel.
  2. Memiliki masjid yang diberi nama Mahdi Abad Mosque di kota Nahe.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar