Ahmadiyah di Eropa

Dewasa ini banyak orang yang salah sangka mengenai Ahmadiyah, salah satunya adalah mengenai peranan dan keberadaannya. Beberapa ulama bahkan menganggap bahwa Ahmadiyah merupakan hasil propaganda Barat guna melemahkan serta menghancurkan Islam, salah stunya Inggris. Praduga itu semakin kuat tatkala pusat organisasi Ahmadiyah dipindahkan ke jantung kota London, ibukota Inggris. Sebenarnya apa peranan dan eksitensi Ahmadiyah, apa benar Ahmadiyah membawa misi titipan untuk mengkristenisasikan umat Islam dengan kedok organisasi Islam? Hal
ini sepertinya perlu dibahas dan diluruskan, agar isu ini tidak terus berkembang sehingga menimbulkan kesalahpahaman antar umat Islam itu sendiri. 

A. Ahmadiyah Organisasi Islam
   Ahmadiyah adalah organisasi Islam yang didirikan oleh Hazrat Mirza Ghulam Ahmad. Visi dan misinya adalah menghidupkan agama Islam dan menegakan syariat Islam. Organisasi Islam Ahmadiyah berusaha keras masuk ke jantung Eropa guna memperkenalkan nilai-nilai Islam yang sebenar-benarnya ke seluruh masyarakat Barat. Bukan perkara mudah memberikan pemahaman Islam ke mereka tatkala citra Islam identik dengan kekerasan dan terorisme. Namun Ahmadiyah berusaha agar citra tersebut hilang dan mereka (masyarakat barat) bisa memahami bahwa Islam itu rahmatan lil alamin. Organisasi Ahmadiyah kembali mulai memperkenalkan Islam ke masyarakat Eropa untuk pertamakalinya sejak musnahnya dinasti Umayyah di Spanyol ialah pada tahun 1907, yaitu ketika ada salah seorang wanita berkebangsaan Jerman bernama Mrs. Carolyn memeluk Islam setelah membaca tulisan Pendiri Jemaat Ahmadiyah yang ditujukan kepada bangsa Eropa. Sekarang, pusat-pusat dakwah Islam dan masjid-masjid Islam yang dikembangkan dan dibangun oleh Jemaat Ahmadiyah telah berdiri di seluruh negara Eropa kecuali di Latvia, Slowakia dan Yunani. Namun demikian, di Yunani ada juga anggota tersiar Jemaat Ahmadiyah yang kebanyakan dari mereka terdiri dari kebangsaan Arab dan Yunani. 

B. Ahmadiyah Membangun Masjid di Spanyol
   Organisasi Ahmadiyah mulai sangat populer dan dikenal oleh masyarakat Eropa ialah sejak Jemaat Ahmadiyah berhasil membangun dan meresmikan sebuah masjid, yaitu masjid Basyarat, di negara Spanyol pada tanggal 10 September 1982. Pendirian Masjid Basyarat di kota Pedro Abad Spanyol ini sangat mengejutkan masyarakat Spanyol khususnya, dan Eropa pada umumnya, karena masjid itu merupakan masjid Islam pertama dibangun di Spanyol dalam rentang waktu 750 tahun sejak musnahnya kejayaan Islam dinegara itu. Lalu, 21 tahun kemudian, tepatnya tahun 2003, masyarakat Eropa kembali dikejutkan oleh berita dibangunnya masjid Islam termegah dan terbesar di Eropa Barat oleh Jemaat Ahmadiyah, yaitu Masjid Baitul Futuh, di kota Morden, London, Inggris. Majalah berkala di Inggris “The Informer” menyebut masjid Baitul Futuh sebagai salah satu bangunan dari 50 bangunan terkenal di dunia.

3 komentar:

  1. trus kenapa katanya ahmadiyah tuh sesat???

    BalasHapus
  2. karena yang mengatakan sesat, blm tau apa Ahmadiyah yg sebenarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lalu Ahmadiyah yg sebenarnya itu spt apa?

      Hapus